MARILAH BERKREASI

MARILAH BERKREASI

Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 November 2015

#SIP TIga Software Pengolahan Database

   Selamat datang kembali, Sebelumnya disini saya akan berbagi informasi atau ulasan mengenai tiga software pengolahan database yang mana Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang database itu sendiri apa? Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Nah saya sudah menjelaskan secara singkat apa itu database, dan sekarang saya akan berbagi ulasan tentang tiga software database berikut ulasannya.

Selanjutnya ada PostgreSQL

    PostgreSQL merupakan database yang dibangun dengan metode open source berbasis SQL dan oleh para perancangnya diutamakan kelengkapan fasilitas. Dengan dukungan open source postgreSQL juga merupakan salah satu dari sejumlah database besar  yang menawarkan stabilitas, keluwesan, dan kinerja yang tinggi sehingga penggunanya begitu meluas diberbagai platform dan didukung oleh banyak bahasa pemrograman bagi masyarakat TI di indonesia. Tujuan dari programmer membuat database ini adalah membuat suatu database yang kaya akan feature dan keluwesannya yang tinggi. Perbedaan penting antara postgresql dengan sistem relasional standar adalah postgre arsitekturnya lebih memberikan kemudahan untuk mendefinisikan sendiri SQLnya. Terutama pada pembuatan function atau biasa disebut dengan stored procedure sehingga bisa dimungkinkan bahwa informasi yang disimpan oleh postgre bukan hanya tabel dan kolom melainkan tipe, fungsi, metode akses dan masi banyak lagi yang terkain dengan tabel dan kolom tersebut.

Lalu ada Ms. Access

     Ms.Access adalah aplikasi untuk pengolahan data aplikasi ini adalah aplikasi pengolahan database yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manipulasi data menggunakan fasilitas yang diberikan oleh microsoft access. Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi. Sebuah database dalam program microsoft access akan terdiri dari sekumpulan data atau informasi yang akan disimpan dalam tabel. Tabel-tabel ini akan terdiri dari baris yang disebut juga dengan record dan kolom field. Sebuah field akan berisi informasi tentang nama, alamat, profesi, harga dan jenis informasi lainnya. Selain tabel database dalam ms.access juga akan terdiri atas objek yang meliputi query, form, report, pages, macros dan modul. Untuk menjalankan program ini individu yang menggunakan klik menu ms.access. Fungsi ms.access itu sendiri adalah untuk membuat database (basis data), untuk membuat program aplikasi persediaan barang, untuk membuat program aplikasi gaji karyawan, dan yang terakhir untuk membuat program aplikasi kehadiran.

Dan terakhir ada Oracle.

    Oracle adalah produk dbms, database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen database dbms yang sangat berguna dan tangguh yang dapat bekerja dalam berbagai sistem pengolahan database lainnya dan sistem opersi yang berbeda  termasuk windows 200, windows xp, linux dll. Oracle sendiri adalah produk dbms yang paling terpopuler didunia serta mempunyai sejarah yang panjang dengan pengembangan dan penggunaannya. namun oracle sendiri juga sangat sulit diinstal dan ada banyak hal yang harus dipelajari. Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. Ada banyak konfigurasi dari serangkaian program oracle itu sendiri. Sebagai permulaan ada dua versi mesin dbms oracle yang berbeda, personal oracle dan enterprise oracle selain itu juga ada forms dan report serta oracle designer dan sejumlah besar tools yang mempublikasikan database oracle pada web. Ditambah kebutuhan-kebutuhan bagi produk-produk tersebut untuk beroprasi pada banyak sistem operasi yang berbeda serta melalui suatu jaringan atau network dengan menggunakan beberapa protokol komunikasi yang berbeda.

Nah selesai ulasan kali ini, semoga bermanfaat, dan menambah informasi kita. Terimakasih

Daftar Pustaka :

Ashari. (2005). Pemrograman akuntansi untuk usaha dagang menggunakan microsoft access. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Kroenke, D. M. (2004). Database processing. Jakarta: Erlangga.

Riyanto. (2007). Migrasi microsoft SQL server dengan PostgreSQL. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

www.pram-software.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar