MARILAH BERKREASI

MARILAH BERKREASI

Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 November 2015

#SIP Evolusi - Evolusi CBIS

Kali ini kita akan menjelaskan tentang Evolusi-evolusi CBIS dan terdiri dari empat, yaitu EDP, SIM, OA, dan yang terakhir ada ES.

Pertama saya akan menjelaskan apa itu EDP ?

EDP  yaitu Electronic Data Processing merupakan suatu proses pengolahan data terdiri atas tiga tahapan dasar yang bisa disebut dengan siklus pengelolahan data (data Processing cycle, yaitu, input, proses, dan output.

Selajutnya kita bahas dengan SIM.

SIM yaitu Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan mendukung operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SIM merupakan sebuah sitem yang terpadu untuk menyajikan informasi yang mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi, dalam bentuk hardware, software, dan prosedur manual.

Kemudian kita akan menjelaskan OA.

OA bisa disebut dengan Office Automation, yaitu Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal teruama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan diluar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.

Gambar OA :



Keterangan Gambar :
  1. Karena OA tidak memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi pada isi informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan (SIA menggumpulkan datanya). Informasi juga disediakan oleh lingkungan. 
  2. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer seperti pengolah kata, e-mail, dan konferensi komputer. 
  3. Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah garis yg memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini berarti bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut. 
  4. Model tsb. Juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seerti konferensi video dan audio 

Yang terakhir kita akan bahas dan menjelaskan tentang ES.

ES yaitu Expert System merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan caea seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagimana pengkodean dan manipulasi pengetahuan dari informasi.Aadapun cara kerja ES sebagai berikut.
  1. Pengguna bekomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif. 
  2. ES menanyakan pertanyaan ( yang akan ditanyakan seorang pakar dan pengguna memberikan jawaban). 
  3. Jawaban diguunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan ES sistem menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan. 
  4. Seorang knowledge enigneer bertanggung jawab pada bagiamana melakukan akuisisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknik yang berbeda. 

Daftar Pustaka :

Prabowo, dkk. 2008. Sistem Informasi Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Jakatra : PT. Grasindo.

Fatha al, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar