MARILAH BERKREASI

MARILAH BERKREASI

Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Oktober 2015

#SIP Informasi & Sistem Informasi Psikologi

NAMA            : Shafaruddin
KELAS           : 4PA08
NPM               : 16512952
MATKUL       : Sistem Informasi Psikologi


Informasi dan sistem informasi psikologi

     Sebagai makhluk sosial pasti kita mengetahui  dan mendengar  sebutan informasi,  dengan informasi seseornag yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, awalnya tidak mengerti menjadi mengerti. Informasi itu sangatlah penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan, informasi bisa kita dapat dari berbagai hal, yaitu melalui pemberithuan orang lain terhadap si penerima, berita ataupun televisi.
     Contohnya bisa kita lihat pada saat menerima informasi baru, misalnya anda bertanya kepada teman mengenai  wisata yang ada di daerah malang (jawa timur), kemudian teman anda akan menjawab pertanyaan anda mengenai semua wisata yang ada di malang. Sehingga dari jawaban teman ada, anda mendapatkan suatu informasi baru tentang wisata di malang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
Informasi tidak cuman dari anda ke orang lain, informasi juga ada kaitannya dengan teknologi. Pada perkembangan yang sangat cepat, informasi teknologi yaitu rekayasa manusia pada proses penyampaian dari pengirim ke penerima sehingga lebih mudah jangkau, lebih cepat, mudah dan lebih luas penyebarannya serta lebih lama penyampaiannya.

Pengertian informasi menurut beberapa ahli :

Kusrini & Konio (2007) Informasi adalah data yang sudah di olah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

Sutarmi & Sukardi (2008) Secara harafia kata informasi berarti pesan sedangkan makna informasi di artikan sebagai uraian berisi keterangan tentang sesuatu ( objek/peristiwa/maslah) yang di sampaikan seseorang atausekelompok orang dengan tujuan agar mereka mengetahui dan memahami.

Wiryanto (2004). Informasi adalah suatu pesan atau makna yang dikomunikasikan kepada orang lain atau khalayak dengan maksud untuk memberikan penyampain secara mendalam mengenai suatu peristiwa.

Teknik Menyampaikan Informasi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita dapat menyampaikan informasi secara langsung, yaitu sebagai berikut:
1. menyampaikan informasi secara lengkap dan runtut sesuai dengan peristiwa atau permasalahan           sebenarnya sehingga tidak menimbulkan kesalahan pemahaman orang lain.
2. menambahkan ilustrasi berupa data sebagai bukti atau contoh penggunaan/pemanfaatannya untuk       mempermudah pemahaman.
3. menggunakan bahasa sederhana dan kalimat efektif sehingga mudah diterima.
4. tidak menambahkan pendapat pribadi untuk mempengaruhi keyakinan orang lain.

Pengertian Sistem

Prajudi (2006), sistem merupakan suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang berhubungan satu sama lain menurut skema atau pola untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dari suatu usaha atau urusan.

Musanef (2006), sistem ialah suatu sarana yang menguasai keadaan dan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat teratur.

Pengertian Sistem Informasi

     Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional. Dimans sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang terorganisasi
John F.Nash mengartikan sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting.

Karakteristik Sistem Informasi

1. sistem informasi memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen-elemen yang             lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut.
2. ruang lingkup sistem informasi yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang           merupakan garis batas sistem tersebut.
3. tujuan sistem informasi adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan     sistem informasi tersebut.
4. lingkungan sistem informasi yaitu suatu yang berada diluar ruang lingkup sistem informasi yang         dapat mempengaruhi sistem informasi, hal ini urut dipertimbangkan pada saat perencanaan sistem       informasi.

Pengertian Psikologi

     Psikologi berasal dari kata yunani yaitu “psyche” yang artinya jiwa, dan logos yang artinya ilmu pengetahuan jadi psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan

Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.


     Dari keseluruhan penjelasan mengenai informasi, sistem, sistem informasi dan psikologis, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan kalau sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang merupakan campuran dari manusia, fasilitas, atau alat teknologi, media , dan pengendalian yang dimaksud untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyampaikan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu. 

Sumber:

Dakir. 1993. Dasar-dasar psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

http://m.kompasiana.com/dimasosd/pengertian-si-sistem-informasi_55291077f17e6126268b48b6

Kusrini, S. dan Koniyo, A. 2007. Tuntunan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft sql server. Yogyakarta: CV. Andi offset.

Muhibbinsyah. 2001. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutarni, S. dan Sukardi. 2008. Bahasa indonesia 3. Jakarta: Quadra.

Syafiie, I., K. dan Azhari. 2006. Sistem politik indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Grasindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar